Tutorial Cara Mengganti Nama Wifi Atau SSID Dengan Mudah, Berikut Adalah Cara Mengubah Nama Wifi Dari Router . Portal

Cara Membuat Multi Ssid Pada Router Wifi Indihome Zte F609 Inwepo
Cara Membuat Multi Ssid Pada Router Wifi Indihome Zte F609 Inwepo

Cara mengganti nama wifi atau ssid bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Router nirkabel juga disebut sebagai nama jaringan default atau SSID (Identifikasi Penyedia Layanan) yang ditetapkan oleh pabrikan.

Anda sebenarnya dapat terhubung ke Internet menggunakan SSID yang disediakan oleh pabrikan. Namun, ini tidak disarankan. Alasan utama menggunakan nama SSID standar adalah risiko keamanan.

Selain alasan keamanan, tidak jarang menggunakan SSID default pabrikan, karena seringkali hanya nama pabrikan dan jenis router yang digunakan untuk nama SSID. Ini juga dapat membingungkan jika beberapa router di suatu wilayah tidak mengubah nama SSID default mereka. Bingung mencari SSID router Anda.

Dengan kekurangan di atas, saat membeli atau mengganti hanya router, sangat disarankan untuk mengganti SSID default pabrikan. Itu bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Berikut cara mengubah nama router Wi-Fi yang Anda gunakan. Cara ini bisa digunakan untuk berbagai pengaturan router, seperti netgear, asus, tp-link, linksys, dll.

Meski berbeda, secara umum cara penerapan dan pergantian SSID antar merek adalah sama. Anda dapat menukar SSID Anda dengan komputer, laptop, atau smartphone Anda. Dengan demikian:

  • Hubungkan komputer, laptop, atau ponsel Anda ke jaringan Wi-Fi router yang mengubah SSID
  • Jika tidak diganti, SSID biasanya menggunakan nama default pabrikan dan mudah dikenali. SSID dan kata sandi default biasanya muncul di bagian belakang router.
  • Setelah terhubung, buka browser di komputer atau ponsel Anda dan buka salah satu halaman berikut: 192.168.0.1 atau 192.168.1.1
  • Salah satu alamat di atas akan membuka halaman atau layar konfigurasi router
  • Anda akan diminta untuk memasukkan nama pengguna dan kata sandi. Jika ini adalah pengaturan asli dan tidak pernah diubah, biasanya itu adalah nama pengguna dan pengelola kata sandi default pabrikan.
  • Setelah terhubung, biasanya ubah bagian SSID Wireless Settings – Wireless Settings
  • Anda dapat mengubah nama jaringan atau nama SSID sesuka Anda di bagian Nama Jaringan (SSID).
  • Menghafal
  • See also  Tutorial Cara Melihat Password WiFi Yang Sudah Terhubung Di Android

    Nama jaringan atau SSID telah berubah setelah mengikuti langkah-langkah di atas. Anda kemudian perlu menghubungkan kembali perangkat Anda ke nama jaringan baru untuk terhubung ke internet.

    Dengan mengikuti petunjuk di atas, Anda seharusnya dapat mengubah jaringan ke nama apa pun yang Anda inginkan. Namun, untuk alasan keamanan, sebaiknya gunakan nama jaringan non-default yang memenuhi persyaratan keamanan, termasuk:

    Cara Mengganti Username dan Password Wi-Fi – Khusus Bagi Pemula yang Baru Pertama Kali Menginstal Indihome

    Tags:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    Related Post