Review Samsung Galaxy A73 5G, Ponsel Tipis Dengan Kamera 108 MP

Review Samsung Galaxy A73 5g Ponsel Tipis Dengan Kamera 108 Mp Review Samsung Galaxy A73 5G, Ponsel Tipis Dengan Kamera 108 MP
Review Samsung Galaxy A73 5g Ponsel Tipis Dengan Kamera 108 Mp Review Samsung Galaxy A73 5G, Ponsel Tipis Dengan Kamera 108 MP

Samsung Galaxy A73 5G, Review Kamera Tipis 108 Megapiksel – Samsung sudah menjual Galaxy A73 5G di Indonesia sejak April tahun lalu. Penerus Galaxy A72 adalah kamera belakang 108 megapiksel.

Ini adalah pertama kalinya Samsung A-Line kelas menengah memiliki kamera 108 megapiksel. Biasanya, Samsung membangun kamera dengan resolusi ini hanya di seri flagship atau seri S.

Selain kamera 108 megapiksel, Samsung Galaxy A73 5G juga dilengkapi dengan dukungan 5G dan fitur canggih lainnya seperti tahan air dan debu bersertifikasi IP67.

Ini layak disebut sebagai ponsel kelas menengah tercanggih Samsung.

Review Samsung Galaxy A73 5G, Ponsel Tipis Dengan Kamera 108MP Review Perbandingan Samsung Galaxy A73 5G, Seberapa Bagus Performanya?

Lantas bagaimana dengan Samsung Galaxy A73 5G setelah menggunakan Rp 7,8 juta dalam sebulan? Lanjutkan pembahasan di bawah ini.

Perhatikan bahwa KompasTekno berkesempatan menguji Samsung Galaxy A73 5G (8/256 GB) dalam warna Awesome Mint untuk versi retail Indonesia.

Isi Paket Samsung Galaxy A73 5G

Sebelum beralih ke performa dan fitur, mari kita lihat isi paket Galaxy A73 5G.

Untuk casing, Samsung Galaxy A73 5G memiliki desain kotak yang sama dengan Galaxy A72 sebelumnya.

Misalnya, kemasan putih masih berlaku. Bagian depan paket memiliki gambar produk yang menunjukkan layar dan desain belakang Samsung A73 5G. Begitu dibuka, isi casing Samsung Galaxy A73 5G sangat minimalis.

Muncul dengan satu ponsel, kabel USB-C ke USB-C, alat untuk melepas kartu SIM, panduan pengguna, dan kartu garansi.

Tidak ada pengisi daya terintegrasi

Samsung tidak menyertakan adaptor pengisi daya untuk Galaxy A73 5G.

Selain Galaxy A73 5G, Samsung juga mencopot adaptor charger dari paket pembelian ponsel seri A lainnya, seperti Galaxy A33 5G dan Galaxy A53 5G.

Ini mengubah tiga anggota pertama seri A menjadi kotak tanpa pengisi daya.

Sebagai perbandingan, Samsung Galaxy A72 tahun lalu melanjutkan dengan adaptor pengisi daya 25W super cepat.

Review Samsung Galaxy A73 5G, Ponsel Ramping dengan Kamera 108MP, Spesifikasi dan Daftar Harga Samsung Galaxy A13 4 dan RAM 6GB

Karena tidak ada lagi adaptor standar, pengguna dapat menggunakan fungsi pengisian cepat Samsung Galaxy A73 5G menggunakan pengisi daya Samsung Galaxy A72 yang lama.

Atau, pengguna dapat membeli adaptor pengisian daya super cepat 25W seharga 299.000 Rs.

Bodi ramping, layar 120Hz Saat Anda mengangkat ponsel ini untuk pertama kalinya, ponsel ini tipis, ringan, dan nyaman digenggam. Di atas kertas, Galaxy A73 5G memiliki ketebalan 7,6 mm dan berat 181 gram.

Secara visual, Samsung Galaxy A73 mewarisi pendahulunya. Di bagian layar, misalnya, ponsel ini masih memiliki desain layar berlubang Infinity-O sebesar 32 MP (f/2.2) sebagai bodi kamera depan.

Layarnya menggunakan panel Super AMOLED 6,7 inci dengan ukuran gambar Full HD Plus (2400 x 1080 piksel) dan kecerahan maksimum 800 nits.

Teknologi layar dapat menyenangkan pengguna dengan gambar atau kualitas konten yang tajam dan jelas.

Layar Samsung Galaxy A73 5G memiliki refresh rate 120Hz, sehingga terasa halus dan ringan saat Anda menggeser layar, menavigasi menu, dan berpindah antar aplikasi. Bahkan saat menonton video atau film.

Kini setelah menggunakan panel Super AMOLED, layar Samsung Galaxy A73 juga mendukung fitur biometrik terbaru, seperti pemindai sidik jari dalam layar.

Fitur ini memudahkan pengguna untuk membuka kunci layar.

Review Samsung Galaxy A73 5G, Ponsel Kamera Slim 108MP Samsung Pamer Hasil Kamera 200MP Bergambar Kucing Raksasa

Layar Galaxy A72 juga didukung Corning Gorilla Glass 5 yang membuatnya lebih tahan terhadap goresan.

See also  Review Samsung Galaxy A73 5G, HP Favorit Yang Dikit Lagi Flagship

Bagian belakang Galaxy A73 5G terbuat dari plastik matte. Jadi bagian belakang ponsel ini tidak terlihat seperti cermin.

Bagian belakang ponsel ini masih licin saat digosok. Demi keamanan, tidak ada salahnya membeli soft box atau hard box dengan uang Anda.

Bagian belakang Samsung A73 5G mirip dengan bagian belakang Galaxy A72, modul kamera berbentuk persegi panjang.

Modul kamera memiliki empat kamera belakang yang dipasang secara vertikal dengan senter LED.

Dengan kamera utama 108 megapiksel dengan banyak fitur hebat, tampilan Samsung Galaxy A73 5G tidak banyak berubah. Namun cerita lain berkisar pada fitur, terutama fitur kamera utama.

Kini kamera utama Samsung A73 5G telah diupgrade ke kelas dengan lensa 108MP (f/1.8). Hingga saat ini, Galaxy A72 hanya memiliki kamera utama 64MP.

Keunikan dari kamera ini adalah Samsung untuk pertama kalinya memasang kamera utama 108MP di Galaxy A series.

Hingga saat ini, kamera berkualitas tinggi hanya tersedia di ponsel andalan seperti Samsung Galaxy S22 Ultra 5G.

Kamera utama 108 Galaxy A73 5G tidak hanya memiliki resolusi tinggi, tetapi juga memiliki banyak fitur unggulan seperti optical image stabilization (OIS) dan digital video image stabilization (VDIS).

Kedua fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dan video yang tajam dan stabil dengan kamera belakang 108MP Galaxy A73 5G.

Kamera utama 108 megapiksel (wide-angle) dilengkapi dengan tiga kamera lagi, yaitu kamera ultra-wide-angle 12 megapiksel (f / 2.2), kamera kedalaman 5 megapiksel (f / 2.4), dan kamera 5-megapiksel. kamera makro megapiksel (f / 2.4). . ). 2.4). .

Foto 108MP Galaxy A73 5G

Berdasarkan pengalaman KompasTekno yang menguji semua kamera Galaxy A73 5G bulan ini, foto yang diambil dengan kamera Galaxy A73 5G secara umum cukup bagus. Biasanya foto kamera utama 108 megapiksel (sudut lebar).

Dalam kondisi pencahayaan yang baik, kamera utama 108MP dapat dengan jelas memantulkan warna dan detail subjek saat memotret baik di dalam maupun di luar ruangan. Hasilnya cukup jelas.

Pada hari berawan, kamera utama 108MP Galaxy A73 5G memukau mereka dengan menghasilkan gambar yang sangat akurat dan sangat jenuh.

Biasanya, kamera utama 108MP ponsel ini dapat mengambil gambar secara langsung.

Namun, jika ingin mendapatkan foto yang lebih jernih dan cerah, pengguna bisa menggunakan mode resolusi penuh 108MP (hanya aspek rasio 3:4).

Hal ini dimungkinkan berkat penerapan teknologi sampah Samsung pada kamera 108 megapiksel Galaxy A73 5G.

Teknik No binning bekerja dengan menggabungkan sembilan piksel menggunakan kecerdasan buatan. Teknologi ini menjanjikan gambar yang lebih akurat dan hidup.

Kamera utama Galaxy A73 5G biasanya bisa mengambil foto cantik di malam hari.

Namun, pengguna dapat menggunakan fungsi mode malam dalam kondisi kurang cahaya untuk membuat foto mereka lebih jelas, lebih tajam dan lebih cerah, seperti pada gambar di atas.

Perhatikan bahwa pengguna harus menjaga ponsel dalam posisi stabil saat mengambil gambar menggunakan fungsi mode malam. Karena tindakan sekecil apa pun akan membingungkan atau mengaburkan hasilnya.

Tiga Kamera Belakang Samsung Galaxy A73 5G dilengkapi dengan tiga kamera belakang tambahan selain kamera utama 108 megapiksel yang juga bisa digunakan untuk memotret, tergantung jenisnya.

Bagaimana dengan hasil foto kamera depan Samsung A73 5G? Saat menguji kamera selfie 32 megapiksel (f / 2.2), ia mengambil foto yang akurat dan tajam.

Gambar semua kamera Samsung Galaxy A73 5G dapat ditemukan di Unduh dan Gunakan Samsung Galaxy A73 5G, ponsel Seri-A pertama dengan kamera 108MP di Galeri Foto.

See also  Review OPPO Reno7, HP Yang Paling Menarik Perhatian Dibanding KakakKakaknya Dengan Teknologi Yang Paling Terkini

Anda dapat mengambil video di bawah air

Untuk perekaman video, kamera utama ponsel mendukung resolusi gambar UHD 4K (3840 x 2160 piksel) pada 30 frame per detik.

Menariknya, Samsung Galaxy A73 5G memiliki sertifikasi IP67 tahan air dan debu.

Dengan sertifikat tersebut, ponsel ini mampu bertahan selama 1 menit di kedalaman 1 meter.

Dengan demikian, ponsel ini tetap bisa digunakan untuk mengambil gambar bawah air, misalnya saat berenang. Hasil videonya bagus dan jernih.

Namun, perlu dicatat bahwa ponsel dapat digunakan seperti biasa setelah pencelupan. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menunggu beberapa saat hingga port USB Type-C seluler terisi daya.

Tidak ada input audio 3,5 mm. Lewat lubang dan port, kali ini Samsung resmi merilis koneksi audio 3.5mm dari Galaxy A73 5G.

Dihapus, pengguna tidak dapat menghubungkan headset atau headphone berkabel ke ponsel ini.

Sebenarnya, kekurangan fitur ini bukanlah masalah serius bagi kami. Karena apakah itu headphone nirkabel atau speaker Bluetooth, kami menggunakan lebih banyak teknologi Bluetooth saat memutar konten audio.

Namun, kurangnya jack audio 3.5mm menjadi perhatian utama bagi pengguna yang suka menggunakan headphone atau headphone berkabel.

Atau, pengguna dapat membeli adaptor jack audio 3.5mm tipe USB-C untuk menikmati konten audio dengan headphone atau earphone berkabel.

Selain itu, pengguna seperti kami dapat menggunakan headphone nirkabel, headphone USB-C kabel, atau speaker Bluetooth.

Ulasan Samsung Galaxy A73 5G, ponsel tipis dengan kamera 108 megapiksel Pasar smartphone global turun, penjualan Samsung meningkat

Sebelumnya, Galaxy A72 masih memiliki slot audio 3,5 mm di bagian bawah casing ponsel. Kini hanya memiliki lubang speaker dan port USB-C di bawah Galaxy A73.

Selebihnya, desain port dan hole Galaxy A73 masih sama seperti sebelumnya. Misalnya, sisi kanan ponsel memiliki tombol volume dan tombol power.

Meski yang di sebelah kiri bersih, tidak ada kancing dan lubangnya. Terakhir, di atas adalah slot kartu SIM Galaxy A73 5G. Baki SIM adalah tipe hibrida dari SIM ganda yang dapat digunakan di kedua skenario.

Pertama, pengguna menggunakan dua kartu SIM (nano) tanpa kartu microSD. Kedua, pengguna menggunakan satu kartu SIM (nano) untuk memperluas memori internal mereka dengan kartu microSD eksternal 1TB.

Sedangkan untuk fitur lainnya, Samsung A73 5G hadir dengan beberapa fitur tambahan seperti OS Android 12 terbaru dan antarmuka One UI 4.1.

Perhatikan bahwa ponsel ini juga memiliki NFC, speaker stereo, Bluetooth 5.0, WiFi 802.11 a / b / g / n / ac / kapak dan sistem pendingin cair.

Itu dapat terhubung langsung ke jaringan 5G

Seperti ponsel modern lainnya, Samsung A73 mendukung jaringan 5G di Indonesia.

Menurut situs resmi Samsung Indonesia, ponsel ini mendukung jaringan 5G di band n1, n3, n5, n7, n28, n66, n40, n41, n78.

Artinya ponsel ini sudah mendukung layanan 5G Telkomsel (band n40) dan Indosat (band n3).

KompasTekno mencoba menggunakan jaringan Telkomsel.

Berdasarkan pengalaman KompasTekno, ponsel ini dapat terhubung langsung dengan sinyal 5G Telkomsel jika berada di area cakupan 5G Telkomsel, seperti Pantai Indah Kapuk.

Sebelumnya, pengguna hanya perlu mengubah pengaturan di pengaturan jaringan pilihan mereka. Untuk melakukannya, ketuk menu "Pengaturan"> "Koneksi"> "Jaringan seluler"> "Mode jaringan target".

Pengguna hanya perlu mengatur mode "5G / LTE / 3G / 2G (koneksi otomatis)".

Anda perlu memastikan bahwa pengguna sudah menggunakan kartu SIM USIM untuk terhubung ke jaringan 5G.

Jangan bekerja hingga 10 jam

Selama bulan ini, kami menggunakan Samsung Galaxy A73 5G sebagai panduan atau perangkat harian untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Mainkan media sosial, tonton Netflix, ambil foto dan video, dan banyak lagi.

See also  Spesifikasi & Harga HP Samsung A13: RAM Hingga 12GB, Kamera 50MP, Rp 2 Jutaan Kontan

Dengan pemakaian normal, Samsung Galaxy A73 5G dapat membantu aktivitas kita sehari-hari hingga siang hari.

Menurut "Penggunaan Baterai", ponsel ini terisi penuh 100%, yang berarti dapat bertahan di layar selama lebih dari 10 jam, sekitar 12 jam.

Dengan penggunaan biasa, kami biasanya mengisi daya dua kali sehari.

Dari segi performa, Samsung Galaxy A73 5G ditenagai baterai 5.000 mAh dengan pengisian ultrasonik 25 W.

Seperti yang dijelaskan di atas, ponsel ini tidak dilengkapi dengan adaptor pengisi daya (hood) bawaan 25W.

KompasTekno juga tidak memiliki adaptor pengisi daya 25W, tetapi kami menggunakan adaptor pengisi daya 120W untuk Xiaomi 11T Pro kami.

Menurut pengalaman KompasTekno, dengan adaptor ini, pengisi daya Galaxy A73 5G dapat diisi dalam 24 menit dari 24% hingga 100% atau dalam 1 jam 23 menit.

Hasil tes Galaxy A73 5G

Dari segi perangkat keras, chipset Samsung Galaxy A73 5G Qualcomm Snapdragon 778G 5G memadukan RAM 8 GB dan memori media 256 GB.

Ada juga fitur RAM Plus yang bisa menambah RAM hingga 16 GB.

Dengan chipset 5G dan memori yang besar, ponsel ini dapat bekerja dengan baik dan sempurna selama sebulan.

Misalnya, kita dapat membuka banyak program secara bersamaan dan kemudian beralih antar program dengan cepat dan mudah. Kami tidak pernah mendeteksi kesalahan atau bug lain yang mungkin mengharuskan Anda untuk me-restart telepon Anda.

Berapa harga ponsel penerus Galaxy A72 ini?

Untuk mencari jawabannya, KompasTekno melakukan uji benchmark independen untuk melihat kemampuan hardware Galaxy A73 5G. Pengukuran dilakukan dengan Geekbench 5, Merek PC dan AnTuTur.

Dalam tes PCMark, Samsung A73 mencetak 15.119 poin dalam mode 5G Storage 2.0 dan 11.773 poin dalam mode Work 3.0.

Pada benchmark Geekbench 5, penerus Galaxy A72 itu kemudian mencetak 743 poin pada pengujian CPU single-core dan 2.566 poin pada pengujian CPU multi-core.

Review Samsung Galaxy A73 5G, Ponsel Kamera Slim 108MP Samsung berharap dapat melipat ponsel ke tanah

Galaxy A73 5G yang kami uji dalam pengujian AnTuTu 9 mencetak total 483.475 poin. Skor tertinggi diraih dengan kemampuan pemrosesan grafis (GPU) 157.935 poin.

Hasil review Samsung Galaxy A73 yang disebutkan di atas lebih cepat dari hasil review Galaxy A72 2021.

Kesimpulan Siapa pun yang mencari ponsel ramping dengan banyak fitur, menurut kami, harus mempertimbangkan untuk membeli Samsung A73 5G.

Meski merambah segmen mid-range, Samsung Galaxy A73 5G telah mewarisi banyak fitur dari ponsel high-end canggihnya. Kamera 108MP, kemampuan tahan air dan tahan debu IP67, dukungan 5G, hingga 8GB RAM Plus.

Mengingat banyaknya fitur yang ditawarkannya, tidak berlebihan jika menyebut Galaxy A73 5G sebagai ponsel mid-range tercanggih Samsung saat ini.

Galaxy A73 5G juga cocok untuk Anda yang tidak takut merogoh kocek Rp 7,8 juta untuk ponsel tanpa adaptor pengisi daya internal dan jack audio 3,5 mm.

Keunggulan Samsung Galaxy A73 5G

  • layar 120Hz
  • Kamera utama 108 MP
  • Dapat terhubung langsung ke jaringan 5G Indonesia.
  • Anda bisa berenang
  • Tubuh ramping dan ringan
  • Kekurangan Samsung Galaxy A73 5G

  • Tidak ada pengisi daya terintegrasi
  • Tidak ada input audio 3,5 mm.
  • Dapatkan berita dan update terbaru dari Kompas.com setiap hari. Bergabunglah dengan tim Telegram News Update Kompas.com di https://t.me/kompascomupdate lalu login. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

    SAMSUNG GALAXY A73 5G | 10 pro dan kontra HARGA LENGKAP DAN AKURAT

    Tags: ,

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    Related Post