Review HP Laptop 14sdk1524AU

Hp Laptop 14 Dq2020nr Review Pcmag
Hp Laptop 14 Dq2020nr Review Pcmag

Prosesor AMD Athlon masih tetap menjadi wanita pertama di segmen laptop entry-level. Salah satunya bisa ditemukan pada laptop HP 14s-dk1524AU yang dibekali prosesor AMD Athlon Silver. Bagaimana dengan kinerja? Simak pendapatnya sebagai berikut.

Desain untuk laptop HP 14s-dk1524AU

Dari segi desain, laptop HP 14s-dk1524A ini masih memiliki desain yang sama dengan laptop HP 14s-dk1003au sebelumnya yang hadir dengan prosesor Athlon Gold. Desainnya yang ringkas dan ringan terlihat sangat premium dalam wadah perak. Sedangkan untuk pilihan warna lainnya, laptop HP 14s-dk1510AU ini memiliki warna emas pucat yang terlihat lebih mewah. Ketebalan casing sekitar 1,99 cm. Beratnya sekitar 1,47 kg. Masih sempurna untuk mobilitas.

Laptop ini juga tidak berhemat dalam berkomunikasi. Di sisi kiri kasing terdapat port USB-C dan slot kartu memori SD. Di sisi kanan kasing terdapat dua port USB Type-A, port HDMI, input audio, dan port LAN RJ-45.

Layar laptop HP 14s-dk1524AU

Laptop HP 14s-dk1524AU masih mempertahankan layar dengan bezel tipis di sisi kiri dan kanan panel display. Di bagian atas panel layar terdapat webcam HP TrueVision HD dengan ukuran gambar HD.

Laptop HP 14s-dk1524AU masih dibekali dengan layar berukuran 14 inci dengan resolusi 1366 x 768 piksel HD. Sayangnya, HP tidak menyediakan layar dengan resolusi Full HD. Panel layar juga tidak mendukung teknologi IPS.

Akibatnya, sudut pandang layar cukup terbatas. Ini akan terlihat sedikit buram saat melihat ke kiri atau ke kanan. Warnanya juga kurang cerah. Layarnya cukup besar untuk mendukung pekerjaan sehari-hari seperti pemrosesan dokumen dan melihat konten multimedia. Bukan untuk konten kreatif yang mengutamakan akurasi warna pada layar.

See also  Spesifikasi & Harga HP Realme C35: RAM 4GB, Kamera 50MP, Rp 2 Jutaan Kontan

Keyboard laptop HP 14s-dk1524AU

Seperti generasi sebelumnya, laptop HP 14s-dk1524AU masih memiliki keyboard backlit. Ukuran masing-masing tombol cukup besar. Kedalaman dan jarak antar tombol juga sangat tepat. Hal ini membuat keyboard nyaman untuk mengetik dan tangan Anda tidak cepat lelah.

Di bawah keyboard Anda akan menemukan trackpad yang cukup besar. Lengkap dengan tombol kiri dan kanan mouse yang terpisah. Belum terintegrasi dengan trackpad seperti laptop modern lainnya. Tapi untungnya, area trackpad merespons sentuhan jari dengan cukup baik. Tombol kiri dan kanan ditekan dengan sangat lembut.

Performa notebook HP 14s-dk1524AU

Dari segi performa, laptop HP ini dibekali dengan prosesor AMD Athlon Silver 3050U 14s-dk1524AU. HP 14s-dk1003au yang kami ulas sebelumnya, menggantikan prosesor AMD Athlon Gold 3150U. Konfigurasi RAM tetap sama. Sebuah slot diisi dengan 4GB RAM dengan opsi untuk memilih slot kosong untuk upgrade.

Pembaruan ditampilkan dalam memori. HP 14s-dk1003au kini hadir dengan solid state drive M.2 NVMe 512GB. Harddisk tidak lagi digunakan seperti pada HP 14s-dk1003au. Slot 2,5 inci juga tersedia. Jadi Anda dapat memasang hard drive atau SSD untuk menambah jumlah memori.

Di atas kertas, performa AMD Athlon Gold memang lebih tinggi dari Athlon Silver. Namun, peningkatan pada sektor memori yang digunakan oleh solid state drive membuat penggunaan laptop ini lebih cepat. Apalagi saat booting Windows, menjalankan aplikasi storage lebih cepat. Hasil tes mungkin mirip dengan berikut ini.

Dengan karakteristik tersebut, laptop HP 14s-dk1524AU cukup andal untuk menjaga performa dan melakukan berbagai perhitungan dasar. Cara menulis dokumen, menonton konferensi video. Pengeditan foto dan video yang mudah juga dimungkinkan. Namun jika Anda membeli laptop gaming ini, itu bukanlah pilihan yang tepat. Selain itu, selama kita menggunakan Windows 11 yang langsung berjalan di laptop ini, tidak mengurangi kinerjanya.

See also  Simak Spesifikasi Lengkap Dan Perkiraan Harga HP Realme C35 Di Indonesia Kontan

Baterai untuk laptop HP 14s-dk1524AU

Untuk menguji daya tahan baterai, kami menggunakan laptop HP 14s-dk1524AU untuk mendukung pekerjaan sehari-hari seperti merekam, menonton Youtube, dan terkadang melihat konten multimedia. Atur kecerahan layar menjadi sekitar 30%, sambungkan ke Wi-Fi, matikan lampu latar, distribusi Bluetooth dan Windows, dan alihkan Windows ke mode hemat daya. Dalam skenario ini, kami dapat menggunakan laptop HP 14s-dk1524AU selama sekitar 6 jam. Cukup tangguh untuk mempertahankan performa harian.

Hasil

Ada cukup pertukaran yang harus dilakukan oleh pengecer komputer untuk membuat laptop lebih murah. Seperti laptop ini, prosesor HP telah digantikan oleh emas Athlon dari perak Athlon AMD, yang memiliki kinerja sedikit lebih tinggi. Namun, karena SSD lebih cepat daripada HDD, SSD menyediakan pembaruan sektor memori.

Namun, pembaruan area memori SSD ini dapat membuat penggunaan laptop ini lebih tergesa-gesa. Kapasitas solid state drive 512 GB yang besar membuatnya semakin menarik di kisaran harga 5 jutaan rupiah. Biasanya, laptop di kisaran harga ini memiliki kapasitas SSD hanya 256 GB. Kemampuan untuk meningkatkan RAM dan penyimpanan juga merupakan nilai tambah, seperti halnya keyboard dengan lampu latar. Laptop HP 14s-dk1524AU bisa menjadi pilihan bagi pengguna yang mencari laptop murah dengan Windows 11 untuk komputasi ringan dengan kapasitas SSD yang besar.

Keunggulan laptop HP 14s-dk1524AU

+ Harga kompetitif + Banyak port untuk dihubungkan + Performa yang memadai untuk komputasi yang mudah + 512GB solid state drive + Keyboard dengan lampu latar + RAM dan opsi ekspansi memori + Sekarang dengan Windows 11 dan Microsoft Office Home Student 2019

Kekurangan laptop HP 14s-dk1524AU

– Warna pada layar redup – Resolusi Full HD tidak tersedia

See also  Review HP Spectre X360 16 Inci, Laptop 2 In 1 Terbaik 2022?

Laptop HP 14s-dk1524AU cocok untuk:

Siswa. Spesifikasi dan harga jual yang murah membuat laptop ini cocok untuk kalangan pelajar. Karyawan: Ukurannya yang ringkas dan masa pakai baterai yang lama dapat diandalkan untuk rekan kerja saat mereka berada di jalan. Spesifikasinya masih mencukupi untuk menjalankan berbagai aplikasi Office. Pakar media: Area memori SSD yang besar dapat digunakan untuk menyimpan berbagai konten media. Layar 14 incinya juga cukup besar untuk menikmati konten multimedia.

Ini dapat dipilih untuk pengguna yang mencari laptop murah dengan Windows 11 untuk komputasi yang mudah dengan memori SSD yang besar.

Review Plus Minus Laptop Axioo MyBook Kualitas Murah Tidak Terlalu MATOT Setahun Lagi

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post