Manusia Dan Perkembangan Teknologi

Trustradius Announces Data Integration With Linkedin Matched Audiences Martech Cube
Trustradius Announces Data Integration With Linkedin Matched Audiences Martech Cube

Martin Heidegger mengeksplorasi hubungan antara manusia dan teknologi dalam bukunya The Question of Technology. Dalam karyanya, Heidegger berbicara tentang makna teknologi, esensi teknologi dan tanda hubungan antara manusia dan teknologi.

Heidegger berpendapat bahwa teknologi adalah alat untuk memahami dunia yang berkembang di luar kendali manusia dan kemungkinan besar akan membuat orang melihat dunia melalui kacamata teknologi.

Heidegger memperkenalkan konsep "framing", di mana ia melihat seseorang sebagai "repositori sumber daya" yang mampu menarik dunia. Ketika orang menyampaikan maksud mereka, ketika orang melihat teknologi sebagai alat untuk menggunakan "kumpulan sumber daya" ini, kita akan melihat bahwa mereka menghitung atau mengukur sesuatu sebagai satu-satunya hal yang dapat digunakan di dunia.

Di dunia modern, seseorang sangat terkait dengan teknologi dan keinginan untuk mengetahui segala sesuatu tentang apa yang ada di dunia, atau, dapat dikatakan, menguasai dunia, menganggap sumber daya manusia sebagai objek yang dapat dihitung atau diukur. jadi orang menggunakan teknologi untuk menggunakan sumber daya ini.

Pada saat yang sama, seseorang tidak menyadari bahwa dia dapat merusak alam, yang pada akhirnya akan menyebabkan kehancuran dunia dan kehidupan manusia.

Bahkan orang tidak lagi "berpikir" karena menganggap teknologi itu "normal" dan karena "nyaman" dengan teknologi. Orang tidak "bebas". Seseorang yang terpesona oleh komitmennya terhadap teknologi menarik kehancuran.

Dalam hal ini, penting bagi masyarakat untuk mengetahui “esensi” teknologi. Ketika orang memahami "esensi" teknologi, mereka dapat secara efektif menggunakan teknologi yang dapat memberi manfaat dan manfaat bagi dunia. Di sisi lain, ketika orang menutup mata, orang "terbiasa".

Oleh karena itu, masyarakat perlu memahami “esensi” dan tujuan awal dari teknologi, agar masyarakat tidak terjerumus pada “kerangka” dan melekat pada teknologi.

See also  Contoh Kemajuan Teknologi Dalam Kehidupan Manusia, Lengkap Di Berbagai Aspek |

Pada akhirnya, manusia perlu menggunakan teknologi dengan benar agar teknologi tidak terjebak, sehingga hubungan antara manusia dan teknologi menjadi hubungan yang “bebas”. Manusia perlu menggunakan teknologi dengan baik agar dapat terus menggunakan potensinya untuk berpikir “bebas”.

Teknologi bisa menjadi "pegawai" manusia dalam mencari pengetahuan atau kebenaran, bukan untuk menggunakan dan menghancurkan dunia.

Sumber:

Sebuah pertanyaan tentang teknologi. Martin Heidegger. Penerbitan Garland, Inc. New York dan London, 1977

Lihat juga Sains dan teknologi.

Tinggalkan komentar

Komentar tentang kebijaksanaan dan tanggung jawab. Komentator bertanggung jawab atas komentar sebagaimana didefinisikan dalam UU ITE.

KIRIM

Sejauh ini tidak ada komentar. Jadilah yang pertama berkomentar!

Lihat semua komentar (0) VIDEO FAVORIT

Presentasi sejarah peradaban manusia dan perkembangan teknologi

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post