Jenis-Jenis WordPress Yang Perlu Kamu Ketahui

jenis-jenis wordpress

Jenis-Jenis WordPress – WordPress adalah content management system (CMS) yang populer dan powerfull dalam mengembangan website atau blog. terdapat jenis jenis wordpress yang saat ini dapat dijadikan pilihan dalam membangun website atau blog sesuai kebutuhan.

Sebelum menggunakan WordPress, ada baiknya kamu mengenal jenis-jenis WordPress yang ada saat ini. Tujuannya adalah untuk mengetahui kebutuhan kamu ketika ingin membuat blog atau website menggunakan WordPress.

Setiap masing-masing WordPress memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat dijadikan sebagai alasan, kenapa pengguna WordPress harus memilih salah satunya yang terbaik.

Agar kedepannya kamu bisa memahami apa yang bisa dilakukan dan apa yang tidak bisa dilakukan dengan jenis-jenis WordPress tersebut. Contohnya seperti memodifikasi tampilan, mengganti tema, menambahkan widget, dan menambahkan fungsi lainnya.

Perlu kamu ketahui bahwa saat ini, WordPress memiliki 4 jenis. Adapun macam-macam WordPress tersebut adalah sebagai berikut.

jenis-jenis wordpress

Jenis-Jenis WordPress Yang Perlu Kamu Ketahui

1. WordPress.com

WordPress.com adalah platform yang digunakan untuk membuat blog WordPress gratis.

Salah satu kelebihan yang bisa kamu dapatkan dari jenis WordPress ini yaitu hosting unlimited dan gratis domain dengan URL namablog.wordpress.com.

Kamu tidak perlu lagi memikirkan biaya hosting dan domain yang cukup mahal pertahunnya, karena semua sudah diberikan secara gratis pada saat kamu mendaftar dan membuatnya.

Tidak hanya itu, dari segi SEO, WordPress jauh lebih baik dari platform manapun. Sehingga memudahkan artikel kamu dalam bersaing di search engine untuk mendapatkan posisi pertama.

Karena layanan ini gratis, tentu saja WordPress.com memiliki kekurangan yang cukup membuat kamu kurang leluasa ketika mengelola blog atau website. Ada beberapa fitur yang akan dibatasi, seperti tidak bisa install plugin, tidak bisa mengupload tema, pilihan tema yang sedikit dan tidak bisa memodifikasi tampilan terlalu banyak.

See also  Top 3 Berita Kemarin: Siswa Dan Eril, Korban Mobile Banking, Omicron Baru Tempo

Memang tidak bisa terlalu berharap banyak, namun sudah lebih dari cukup untuk sekedar menulis artikel.

2. WordPress.org

WordPress.org adalah platform berbayar yang digunakan untuk membuat website dengan WordPress. Jenis WordPress ini merupakan hasil upgrade dari WordPress.com.

Adapun kelebihan yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan jenis WordPress ini yaitu bisa memilih domain custom pilihan sendiri, seperti www.namadomainkamu.com. Berbeda dengan versi gratis yang tidak bisa diganti dan terdapat WordPress.com dibelakang nama domain.

Ftur yang sebelumnya dibatasi pada versi gratis, kini bisa kamu nikmati setelah melakukan upgrade ke WordPress.org. Kamu bisa install plugin, tema WordPress yang disediakan lebih banyak dan mengupload tema WordPress yang berasal dari luar.

Tampilan blog atau website yang bisa dimodifikasi sesuai dengan keinginan, serta penambahan fitur khusus bisa kamu lakukan, keren bukan?

Dibalik semua kelebihannya, ada biaya sewa hosting dan domain yang perlu kamu bayarkan setiap bulannya. Harganya cukup mahal, karena kamu membelinya langsung dari WordPress.

3. WordPress Localhost (XAMPP)

Localhost adalah jaringan lokal yang tidak bisa diakses oleh siapapun kecuali diri kamu sendiri. Jenis WordPres ini tidak membutuhkan hosting dan domain, cukup install WordPress localhost di laptop atau komputer beserta XAMPP yang digunakan sebagai server lokalnya.

Kelebihan dari jenis WordPress ini yaitu selain gratis, kamu bisa menggunakan fitur premium yang disediakan layaknya menggunakan versi berbayar. Hanya saja, kekurangannya terletak pada website yang kamu buat tidak bisa dionlinekan nantinya.

Untuk mengaksesnya, cukup ketik localhost/wordpress pada web browser apapun, baik itu Google Chrome atau Mozila Firefox.

Dengan menggunakan WordPress Localhost, kamu bisa mendapatkan gambaran mengenai website seperti apa yang ingin dibuat, sebelum memutuskan mengonlinekannya.

See also  Top 3 Berita Kemarin: Gonjangganjing Tiket Borobudur, IOS 16 Tempo

4. WordPress Self Host

WordPress Self Host adalah website yang dibangun menggunakan jasa penyedia layanan hosting dan memiliki hak penuh atas kontrol website yang kamu buat.

Berbeda dengan platform pesaingnya, yaitu blogger.com yang bisa terhapus sewaktu-waktu jika melanggar aturan yang berlaku, hal itu yang membuatnya kurang leluasa.

Ada biaya tahunan yang harus dibayarkan untuk sewa hosting dan domain, tapi tentunya sebanding dengan kelebihan yang kamu dapatkan, seperti fitur premium untuk mengelola website WordPress Self Host.

Salah satu hal yang paling disukai oleh kebanyakan orang ketika membuat WordPress Self Host menggunakan penyedia layanan hosting, yaitu kamu bisa membuat email pribadi atau perusahaan menggunakan nama domain sendiri, jadi bisa terlihat lebih professional dimata orang lain.

Banyak sekali penyedia layanan hosting yang bisa kamu temukan di internet, mulai dari Indonesia hingga luar negeri. Bahkan beberapa diantaranya, ada yang menawarkan untuk sekalian dibuatkan website pada saat kamu membeli hosting ditempatnya.

WordPress Self Host cocok digunakan bagi kamu yang serius untuk mengelola website, entah itu untuk keperluan pribadi ataupun bisnis. Bagi pemula yang ingin mencoba WordPress pun tidak masalah, karena WordPress sendiri sangat mudah untuk dioperasikan oleh siapapun.

baca juga: Tutorial Cara Mengembalikan Call Log yang terhapus Di IPhone

Kesimpulan

Walaupun ada beberapa jenis-jenis WordPress saat ini, tetap saja WordPress hanya ada 1 dan cara mengelolanya pun sama.

Perbedaannya hanya terletak pada fitur yang diberikan pada versi berbayar maupun versi gratis yang ditawarkan, hal tersebut tergantung dari kebutuhan ketika ingin menggunakan WordPress.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post