InfoPublik Masyarakat Harus Memanfaatkan Teknologi Digital Dengan Optimal InfoPublik

Menggagas Gerakan Literasi Sekolah Mengakrabi Dampak Pandemi Halaman 2 Kompasiana Com

Selasa 14 Juni 2022 | 16:53 WIB

| Pengarang:

, Penerbit : Untung S.

JAKARTA, InfoPublic – Ekonomi digital berkembang sangat pesat baik secara global maupun di Indonesia, sebagai bagian dari perkembangan teknologi bersama, sehingga ekonomi digital tidak dapat dipisahkan dari digitalisasi dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, generasi muda negara harus mendapatkan manfaat dengan cara yang terbaik.

Karena aktivitas sosial-ekonomi dan bahkan politik saat ini dipengaruhi oleh penggunaan media digital, peran pemuda negara perlu dimanfaatkan secara maksimal.

“Intinya individu harus memanfaatkan teknologi digital dengan sebaik-baiknya, baik secara individu maupun dalam konteks masyarakat dan negara, dalam konteks itu pemanfaatan teknologi digital untuk hal-hal yang produktif, salah satunya adalah kegiatan ekonomi, perdagangan atau e-commerce. yang kini menjadi fenomena di mana-mana, Khususnya di negara kita,” kata Henry Subiakto, Guru Besar Komunikasi Universitas Airlanga Henri Subiakto Surabaya Surabaya; Ekonomi Digital: Tren dan Kegunaan Media Digital dalam Ekonomi Online, Selasa (14/6.2022). ).

Henry Subiakto mengatakan penting membicarakan teknologi digital dalam konteks bisnis, mengapa? Ketika pemerintah dan Presiden Joko Widodo berjanji untuk membangun apa yang disebut transformasi digital, membangun infrastruktur digital dipandang sebagai misi rakyat.

Pengembangan sektor digital yang dipimpin oleh pemerintah, melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (COMINFO), termasuk Badan Telekomunikasi dan Akses Informasi (BAKTI), saat ini sedang berjalan lancar untuk memastikan bahwa Indonesia tidak tertinggal. Digital, terutama pasca epidemi Covid-19, teknologi informasi dan telekomunikasi sangat penting.

“Dalam hidup kita tidak lagi hanya membutuhkan pakaian, tempat tinggal dan makanan, sekarang kita sangat membutuhkan sesuatu yang disebut teknologi digital. Bangun tidur, aktivitas sehari-hari selalu terhubung dengan teknologi digital, salah satu isu terpenting yang sedang kita bahas saat ini adalah teknologi digital. Gunakan ekonomi atau bisnis dan perdagangan, ”katanya.

See also  WidaTech Bantu Memaksimalkan Potensi Bisnis Dengan Teknologi

Teknologi digital berarti menciptakan era kelimpahan, semuanya dapat dipelajari dan dicapai melalui teknologi. “Kita bisa belajar cara-caranya, seperti bisnis digital yang simple dan tidak memakan banyak biaya. Bisa cari tutorialnya, tutorialnya ada di youtube, kita juga banyak search, google banyak tulisan yang bisa menambah pemahaman kita. dan pengetahuan. Dapat memperkaya pengetahuan tentang dirinya, termasuk menangani masalah ekonomi”, jelasnya.

“Beginilah teknologi digital sekarang membuat segalanya lebih mudah bagi kita semua. Tidak hanya membuat segalanya lebih mudah, tetapi teknologi sebenarnya adalah salah satu ilmu sosial yang menentukan perubahan dan kehidupan. Teknologi telah mengubah kehidupan masyarakat, teknologi telah mengubah sejarah, teknologi telah mengubah organisasi sosial dan mengubah model bisnis. Berkat teknologi," tambahnya.

Oleh karena itu, menurut dia, sangat wajar jika Syarifuddin Hassan, anggota komisi I DPR RI (Fraksi Partai Demokrat) bersama Kominfo, mengajarkan tentang pentingnya teknologi digital untuk memajukan perekonomian nasional atau negara. “Karena teknologi itu dimaksudkan untuk digunakan secara produktif,” katanya.

Jika tidak menggunakan teknologi digital sekarang adalah kerugian besar. “Karena teknologi ini mempermudah segalanya, mempermudah mencari ilmu, mempermudah berbisnis, mempermudah berbisnis, mempermudah, dan Indonesia adalah salah satu negara yang menggunakan teknologi ini. "Ucap Henry Subiakto.

Menurut catatannya, hanya 202,6 juta orang yang menggunakan Internet tahun lalu, meningkat lebih dari 2 juta setahun, dibandingkan dengan 204,7 juta tahun ini.

Namun dunia, termasuk Indonesia, sudah dua tahun dilanda wabah penyakit, perekonomian mengalami stagnasi atau bahkan memburuk akibat Covid-19, pertemuan tatap muka sangat terbatas, sehingga cukup mendukung dampak masif dari pertumbuhan sektor digital.

“Semoga Indonesia bisa pulih lebih baik lagi, karena sekarang kita bisa berdagang lebih terbuka dan bebas dari tahun lalu, sekarang sudah kemana-mana, tidak ada pembatasan sosial besar (PSBB) dan sejenisnya,” ujarnya.

See also  BIN Bangun Smart Campus Dengan Terapkan Teknologi Digital ANTARA

Sumber foto: InfoPublik / Spesial

Anda dapat mempublikasikan ulang, menulis ulang, dan / atau menyalin konten ini ke kredit InfoPublik.id

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post