Dampak Berkembangnya Teknologi Informasi Pada Masyarakat

Pengaruh Kemajuan Teknologi Komunikasi Dan Informasi Terhadap Karakter Anak

Semua orang tahu tentang perkembangan teknologi informasi. Teknologi informasi sekarang berkembang jauh lebih cepat dari tahun sebelumnya, dari teknologi masa lalu menjadi teknologi yang lebih matang, praktis dan lebih cepat. Bukti dari perkembangan teknologi informasi adalah bahwa warga negara telah menjadi kontemporer dan tidak dapat disangkal adanya kebutuhan Internet untuk memenuhi kebutuhan semua warga negara, baik itu dalam kegiatan sosial, pendidikan, bisnis, dll, bersama dengan teknologi Internet. jaringan sosial. . perkembangan. muncul. Jejaring sosial adalah media online yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan komunikasi jarak jauh, proses menghubungkan pengguna satu sama lain, dan proses memperoleh informasi melalui program penggunaan Internet. Jejaring sosial sendiri hadir sebagai sarana komunikasi yang menyatukan berbagai pengguna yang sangat luas. Hubungan yang terjadi di media sosial memiliki karakteristik yang sama dengan hubungan tatap muka, dan hukum dan peraturan diakui dan ditegakkan. Artinya, seluruh peserta interaksi terus mengontrol perilakunya agar tidak melanggar aturan yang ada. Namun, hubungan yang diciptakan oleh warga dunia maya menggunakan teknologi Internet dapat mempengaruhi warga yang kurang bertanggung jawab dan menjauh dari hubungan mereka dengan warga (Levine dan Colagni, 2007). 2007). Oleh karena itu, dalam hubungan yang terjadi di jejaring sosial, muncul situasi yang tidak sesuai yang secara signifikan mengganggu hubungan sosial yang ada. Menampilkan perilaku yang tidak pantas dalam suatu hubungan di media sosial dapat berupa pelecehan seksual, bullying, kecurangan, dll. Saat ini, lebih mudah untuk bertemu dan berinteraksi dengan anak atau remaja untuk tujuan pelecehan seksual, pornografi atau prostitusi, ketika pelecehan seksual online tidak terbatas pada pemerkosaan dan kekerasan fisik yang dilakukan oleh satu orang. Metode yang diusulkan dapat dianggap seksual. intimidasi. Menurut survei yang dilakukan oleh UNICEF pada 2011-2013. (Razzaq, 2014), 400 anak dan remaja dari 400 menjadi korban bullying online saat menggunakan jejaring sosial.

See also  Kemampuan Dokter Indonesia Manfaatkan Teknologi Medis Masih Rendah Republika Online

Pada Januari 2018, jumlah pengguna aktif media sosial di seluruh dunia mencapai 3,2 miliar, dimulai dengan 4 miliar orang menggunakan Internet (Kemp, 2018). Pesatnya perkembangan jejaring sosial juga disebabkan oleh kenyataan bahwa semua sektor masyarakat dapat memiliki medianya sendiri. Saat ini, remaja sering menggunakan jejaring sosial Facebook, Twitter, YouTube, Line, Instagram, WhatsApp, BBM, dll. Pelecehan seksual tidak terbatas pada pemerkosaan dan kekerasan fisik yang dilakukan oleh satu orang, tetapi juga merupakan pendekatan tertentu terhadap tindakan dan hubungan tertentu. Pelecehan seksual dapat dianggap sebagai perilaku seksual yang tidak diinginkan. Menurut survei oleh Norton Digital Security, 76% dari 1.000 wanita di bawah usia 30 yang disurvei adalah korban pelecehan seksual online (April 2017). Dalam konteks menggunakan jejaring sosial, biasanya mengundang dan memblokir obrolan. Di dunia nyata, pelecehan seksual tidak jauh berbeda dengan ejekan, ekspresi wajah, dan sentuhan. Pelecehan seksual pada remaja juga bisa terjadi di media sosial, yang sudah menjamur di dunia maya. Berdasarkan uraian di atas, menarik bagi penulis untuk mengkaji penggunaan jejaring sosial dan dampaknya terhadap kehidupan sosial warga. Pertanyaan ini berfokus pada identifikasi kemunculan kembali pelecehan seksual di tempat baru: media sosial remaja. Berfokus pada penelitian. (1) Dampak penggunaan media sosial oleh remaja, (2) pelecehan seksual melalui media sosial, dan (3) kontrol sosial terhadap penggunaan media sosial oleh remaja.

Informasi lebih lanjut tentang sains dan teknologi

menyatakan pendapat

Berkomentarlah dengan bijak dan bertanggung jawab. Komentar yang diberikan oleh ITE sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemberi komentar.

Kirim

Sejauh ini tidak ada komentar. Tinggalkan komentar!

Lihat semua komentar (0) Video favorit

Dampak sosial dari informasi || Pentingnya masyarakat digital || Dampak teknologi informasi.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post