Bahaya Gadget Bagi Anak Usia Dini Di Tengah Kemajuan Teknologi

Tingkat Kecanduan Gadget Di Usia Dini Semakin Mengkhawatirkan
Tingkat Kecanduan Gadget Di Usia Dini Semakin Mengkhawatirkan

Teknologi berasal dari kata 'Tekken' yang berarti cara dan 'logos' yang berarti pengetahuan. Ditinjau dari segi teknologi, maka merupakan sarana yang dibutuhkan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya melalui alat-alat yang diperoleh dari hasil-hasil yang diciptakan oleh manusia itu sendiri.

Kemajuan teknologi adalah kemajuan yang terjadi dan tidak akan pernah bisa kita hindari, hanya di tengah globalisasi kemajuan teknologi akan terus berlanjut dan inovasi akan terus berlanjut karena dipengaruhi oleh kemajuan pembangunan dan tidak pernah bisa dihindari. Kemajuan teknologi memberikan kemudahan bagi masyarakat karena masyarakat tidak perlu keluar rumah untuk berbelanja, dan tidak hanya dari segi pendidikan menjadi lebih mudah karena banyak materi pendidikan yang dapat diakses di media online. Di balik kenyamanan yang dicapai (efek positif) terdapat efek negatif yang ditimbulkan, yaitu anak-anak acuh tak acuh karena mereka bermain dengan ponsel, terutama anak kecil, yang menerima banyak perangkat dari orang tua mereka hanya untuk bermain dengannya.

Resiko atau akibat dari pemberian gadget kepada anak kecil adalah: Akan mengganggu perkembangan otak karena anak usia 0-2 tahun pada usia ini mengembangkan otaknya untuk mengeksplorasi apa yang dilihatnya tetapi beberapa orang tua menetapkan gadget untuknya karena alasan ini untuk menjadi tenang dan tenang. . Karena dapat mengeluh dan mengganggu pekerjaannya, anak tersebut menderita kecanduan yang mempengaruhi daya ingat dan konsentrasi anak karena tingginya kecepatan konten multimedia yang mereka minati.

Orang tua dan wali sangat dibutuhkan di saat-saat seperti ini karena merekalah yang pertama membimbing anak agar tidak mudah terpengaruh oleh kemajuan teknologi. Cara atau tips yang dapat diberikan antara lain: membatasi penggunaan perangkat pada anak, mengatur jarak pandang untuk layar TV, peralatan, memberikan dukungan saat anak bermain dengan perangkat, memantau anak yang terpapar di media sosial, dan berkomunikasi dengan anak penting dilakukan karena orang tua hanya menjelaskan siapa yang boleh Membuka dan siapa yang tidak boleh terbuka karena penasaran masih santai dan jika tidak dijelaskan dengan benar anak bisa membuka hal-hal negatif dan merusak moodnya, jika anak menderita, usahakan untuk tidak memberikan perangkat sebagai hadiah. Bisa bikin ketagihan, berikan perangkat sesuai kebutuhan Jika anak tidak merasa perlu membuka perangkat, maka jangan berikan nanti, itu sudah menjadi kebiasaan.

See also  Literasi Digital Pegang Peranan Penting Hadapi Perkembangan Teknologi Kedaulatan Rakyat

Lebih banyak Sosbud Ilmu dan Agama

Tinggalkan komentar

Berikan komentar yang masuk akal dan bertanggung jawab. Komentar adalah tanggung jawab penuh pemberi komentar, sebagaimana disyaratkan oleh undang-undang ITE

Kirim

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama berkomentar!

Tampilkan semua komentar (0) Video luar biasa

Pelajaran singkat tentang bahaya menggunakan perangkat pada anak usia dini

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post